Sesak Nafas Dimasa Kehamilan

Pada masa kehamilan trisemester terakhir, sebagian besar calon ibu mengalami sesak nafas. Apa penyebab sesak nafas pada ibu hamil ? Sesak nafas terjadi karena bayi anda tumbuh mendorong naik sehingga diafragma dan paru-paru mengalami perubahan dari keadaan normalnya, ini membuat Anda bernapas lebih cepat dari biasanya meskipun tidak akan merugikan kesehatan anda atau bayi anda.
Sesak napas pada ibu hamil bisa juga terjadi karena adanya gejala anemia, sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda dan janin Anda tetapi jika Anda mengalami anemia, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen yang cukup bagi Anda dan janin sehingga kemungkinan terjadi gangguan dalam pemasokan oksigen, hingga mengakibatkan sesak napas.
Kondisi yang berbeda mungkin terjadi pada anda yang mengalami penyakit bawaan sebelum kehamilan seperti adanya gangguan asma atau masalah pernapasan lainya sehingga membutuhkan bantuan medis, dalam pemberian penanganan yang sesuai.
Apa yang harus dilakukan untuk menangani sesak nafas pada ibu hamil ?

Berikut beberapa cara mengatasi sesak napas pada ibu hamil :
  1. Lakukan kegiatan olahraga
    Dengan berolah raga dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar, dengan senam hamil misalnya, senam hamil biasanya dilakukan pada usia 28-30 minggu masa kehamilan.sebaiknya Ibu hamil selalu duduk dengan tegak agar ruang paru-paru tidak tertekan dan mempunyai ruang untuk bernafas.
  2. Saat tidur usahakan agar kepala dan bahu diganjal pada satu atau dua bantal.
  3. Jika sesak dirasakan saat berdiri atau berjalan, istirahatlah. Lalu bungkukkan badan dan sandarkan badan pada kursi atau bantal.
  4. Agar gangguan sesak napas tidak bertambah parah, sebisa mungkin upayakan menghindari zat alergen atau pemicu kambuhnya asma. Entah itu debu, udara yang dingin dan sebagainya.
Tambahan buat para sahabat perempuan ( ibu hamil ) , rutinlah memeriksakan kehamilan untuk mengetahui perkembangan janin dan kesehatan ibu. Semoga bermanfa'at.
info seputar

0 Komentar di "Sesak Nafas Dimasa Kehamilan"