Cara Menyusui Yang Benar


Sahabat perempuan yang lagi menjadi ibu baru atau lagi persiapan mau melahirkan atau bahkan anda baru akan menjadi ibu pertama kali, tips ini akan sangat bermanfaat sekali bagi sahabat perempuan.Berikut langkah - langkah menyusui yang benar:

  1. Sebelum menyusui, ASI dikeluarkan sedikit, kemudian di oleskan pada puting dan sekitar kalang payudara, cara ini mempunyai manfaat sebagai desinfektan dan menjaga kelembaban punting susu.
  2. Bayi diletakkan menghadap perut ibu / payudara.
  3. Ibu duduk atau berbaring dengan santai, bila duduk lebih baik menggunakan kursi yang rendah (agar kaki tidak mengantung) dan punggung ibu bersandar pada sandaran kursi.
  4. Bayi dipegang pada belakang bahunya dengan satu lengan, kepala bayi terletak pada lengkung siku ibu (kepala tidak boleh menengadah, dan bokong bayi ditahan dengan telapak tangan).
  5. Satu tangan bayi di letakkan di belakang badan ibu dan yang satu di depan.
  6. Perut bayi menempel pada badan ibu, kepala bayi menghadap payudara (tidak hanya membelokkan kepala bayi)
  7. Telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus.
  8. Ibu menatap bayi dengan kasih sayang.
  9. Payudara di pegang dengan ibu jari diatas dan jari lain menopang di bawah.
  10. Bayi di beri rangasangan agar membuka mulut (rooting reflek) dengan cara menyentuh pipi dengan punting susu atau menyentuh sisi mulut bayi.
  11. Setelah bayi membuka mulut, dengan cepat kepala bayi didekatkan ke payudara ibu dan puting serta kalang payudara di masukkan ke mulut bayi.
  12. Usahakan sebagian besar kalang payudara dapat masuk ke mulut bayi, sehingga puting susu berada dibawah langit-langit dan lidah bayi akan menekan ASI keluar dari tempat penampungan ASI yag terletak di bawah kalang payudara. Posisi yang salah yaitu apabila bayi hanya menghisap pada puting susu saja, ini akan menyebabkan masukan ASI yang tidak adekuat dan putting susu lecet.
  13. Setelah bayi mulai menghisap, payudara tidak perlu dipegang atau di sangga lagi