cara mengatasi mual muntah diawal kehamilan (morning sickness)


Sahabat perempuan,
Rasa tidak nyaman yang dialami pada awal kehamilan memang sangat tidak enak rasanya, karena berbagai macam keluhan yang muncul.
keluhan- keluhan yang sering muncul pada awal kehamilan diantaranya:
- mual
- muntah
- pusing
- nafsu makan berkurang, bahkan terkadang sama sekali tidak mau  makan
- demam,
Bagaimana mengatasi keluhan yang terjadi?
memang bukanlah hal yang mudah, namun jika para sahabat perempuan mau, InsyaAlloh semua akan
mudah,...
cobalah beberapa tips sebagai berikut

  • Timbulkan keinginan untuk melawan segala keluhan - keluhan yang terjadi. contoh: lakukan aktivitas ringan yang menjadikan anda sedikit lupa akan rasa tidak nyaman yang anda alami

  • Makan dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar hanya akan membuat anda bertambah mual. Berusahalah makan sewaktu anda dapat makan, dengan porsi kecil tapi sering.makan makanan yang yang menyegarkan dan tidak berlemak, contoh: ubi, biskuit, buah, dan lain- lain.
  • Di pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun, cobalahduduk dahulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila anda merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi siapkanlah snak atau biscuit didekat tempat tidur anda, dan anda dapat memakannya dahulu sebelum anda mencoba untuk berdiri.

  • Vitamin kehamilan kadang memperburuk rasa mual, tapi anda tetap memerlukan folat untuk kehamilan anda ini. Bila mual muntah sangat hebat, konsultasikan ke dokter anda sehingga dapat diberikan saran terbaik untuk vitamin yang akan anda konsumsi. Dan dokter anda mungkin akan memberikan obat untuk mual bila memang diperlukan.

  • Vitamin B 6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Sebaiknya Konsultasikan dahulu dengan dokter anda untuk pemakaiannya.

  • Pengobatan Tradisional : Biasanya orang menggunakan jahe dalam mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional.

  •  Istirahat dan relax akan sangat membantu anda mengatasi rasa mual muntah. Karena bila anda stress hanya akan memperburuk rasa mual anda.

  • menjaga kebersihan diri, contoh: mandi 2 kali sehari, sikat gigi minimal 2 kali sehari,( setelah sarapan pagi dan sebelum tidur)

  • kumur air hangat untuk mengurangi rasa mual
Semoga dalam berbagi pengalaman ini bermanfa'aat bagi kita para perempuan khususnya. Mual muntah pada kehamilan awal ini akan segera berlalu tanpa anda sadari dan ini akan menjadi salah satu pengalaman menarik selama kehamilan anda. Bayangkan saja tentang si kecil yang akan segera hadir membawa sejuta kebahagian.

Selamat menjalankan aktivitas bunda, semoga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dimasa kehamilan anda.



0 Komentar di "cara mengatasi mual muntah diawal kehamilan (morning sickness)"