Senam hamil merubah bayi sungsang atau melintang

" Posisi bayi sungsang atau melintang" ketika pasien mendengar kalimat itu, pastilah kecemasan muncul, kepanikan dan lain- lain, anda ingin menghindari persalinan caesar. Segeralah kontrol emosi anda agar bisa mengurangi kepanikan tersebut, karena justru kepanikan memberi pengaruh negatif untuk kehamilan anda. Banyak cara mengubah bayi sungsang dengan kepala dibawah (vertex), yang paling penting adalah anda tekun yakin dan selalu berusaha, serta tidak lupa berdo'a, dan yakinlah bahwa tidak ada yang tidak mungkin didunia ini, jika Alloh sudah berkehendak, apapun itu.
cara senam merubah bayi sungsang atau melintang:
  • Lakukan relaksasi hypnobirthing, ajak bicara bayi Anda, minta tolong padanya lalu Visualisasikan bayi bergerak turun dengan kepala yang sangat dalam masuk ke dalam panggul Anda minimal 2 kali sehari.
  • Berenang. Hal ini membuat tubuh dan panggul Anda longgar dan santai. 
  • Yoga Headstand – tentu saja dengan bantuan dan tidak boleh jika dilakukan pada ibu yang menderita anemia atau pun hipertensi. dan posisi ini harus dilakukan oleh ibu yang sudah terboasa dengan posisi yoga dan menguasai tehnik ini
  • Lakukan Posisi knee chest (bersujud dengan kaki sejajar pinggul dan dada sejajar lutut) dimulai pada kehamilan 32-35 minggu. Lakukan 3 kali sehari selama 10-15 menit setiap kali, lakukan saat perut Anda kosong, dan bayi aktif, atau dapat menggunakan papan miring). menekuk lutut tetapi menjaga kaki datar di papan. Tenang, bernapas dalam-dalam, hindari ketegangan otot.  Juga bisa dengan menggunakan bantal pada permukaan yang datar untuk menaikkan pinggul 12-18 inci di atas bahu. Gravitasi mendorong kepala bayi ke fundus, melipat, dan bayi kemudian dapat melakukan jungkir balik ke posisi vertex. 
  • Menyetel music (CD / iPod headphone) – letakkan headphone di perut bagian bawah dekat tulang kemaluan dan memainkan musik klasik selama 10 menit 6-8 kali sehari.
  • Sinari perut Anda dengan lampu senter coba bergerak perlahan turun dari puncak rahim ke arah tulang kemaluan Anda. Ini dilakukan saat Anda berada dalam posisi miring.
  • Berikan pijatan/massage pada perut anda (pijatan ringan saja) dimulai dengan tangan kiri Anda di bagian bawah perut dan tangan kanan Anda hanya di atasnya. Pindahkan memindahkan tangan anda searah jarum jam di sekitar sisi kanan perut Anda. ketikai tangan kanan Anda mencapai bagian atas perut Anda, geser yang kiri atas kanan dan memindahkannya ke sisi kiri perut Anda. tangan kiri Anda memutar lingkaran penuh, terus searah jarum jam. Pijat dengan lembut menggunakan lotion. Pijat selama sepuluh menit atau lebih sampai beberapa kali setiap hari.
  • Accupresure (letaknya ada di sisi luar kuku jari kelinging kaki Anda) dirangsang selama 30 menit per hari, ini adalah titik akupresur yang merangsang kepala janin "bergerak turun". Bisa juga dengan menggunakan Moxa.

  • Tekan titik Motion Sickness band, tepatnya di empat jadi diatas tulang pergelangan kaki dalam – ini adalah titik akupresur lain yang digunakan untuk stimulasi uterus. Jangan gunakan titik ini jika Anda mengalami persalinan prematur.
  • Minumlah segelas jus jeruk dengan posisi berbaring-sisi dengan posisi pinggul Anda lebih tinggi dari kaki Anda. Bayi bergerak lebih setelah ibunya mengkonsumsi gula tinggi.
  • Lakukan Pelvic Tilt atau breech Tilt dengan kantong es pada bagian atas perut Anda, dan lakukan pada waktu perut kosong, 10 menit dua kali sehari. Lakukan ini sambil berbaring telentang di lantai dengan lutut tertekuk dan kaki di lantai dengan tiga bantal besar ditempatkan di bawah bokong Anda. Coba ini dengan menggabungkan tehnik memainkan music menggunakan headphone dan visualisasi.
  • Posisi Merangkak seperti kucing sedang marah - dimulai dengan merangkak, diletakkan dahulu dadanya lalu perlahan sambil tarik nafas lengkungkan punggung seperti kucing sedang marah.
  • Belly Relaxing dengan menggunakan tehnik Rebozo. Ini harus dilakukan bersama dengan patner, dengan meletakkan selendang yang cukup panjang dibawah pinggul ibu saat ia berbaring di lantai. Angkat di sudut-sudut kain dan gerakkan bergetar dari sisi ke sisi menggerakkan tangan Anda ke atas dan ke bawah untuk menggoyangkan perutnya dari sisi ke sisi. Hal ini harus dengan gerakan yang sangat kecil dan ibu harus sangat santai. Lakukan ini selama sekitar 5 menit. Kemudian ibu berlutut di tangga. Jadi ibu tangannya di tangga bawah dan dengan posisi merangkak lutut dan kakinya berada di 2 atau 3 tangga diatasnya. Pasangan membantu untuk menopang bahu, Tetap dalam posisi ini selama 5-10 menit atau selama nyaman. Lakukan posisi ini pada waktu perut kosong.
  • Lakukan Pelvic Rocking (lakukan seperti gambar dibawah ini, minimal 2 kali sehari)
  • posisi yoga downward position seperti di bawah ini juga sangat membantu membuat posisi janin sungsang menjadi letak kepala kembali.









6 Responses to "Senam hamil merubah bayi sungsang atau melintang"

faqihah qii mengatakan...


Salam kenal Gan. . .apakah ketika senam hamil ada pakaian olahraga khusus yang di tentukan? terimakasih.

obat penggugur kandungan mengatakan...

makasih banyak

obat penggugur kandungan mengatakan...

sip gan

Yuni mengatakan...

Mmebantu sekali infonyaaa..

Just Rini mengatakan...

Apakah posisi Bayi mlintang Sngat berbhaya pd ibu disaat proses persalinan
Umur 31/32minggu posisi mlintang Bayi mnyebabkn kramm dn Sngat sakit trs kaki kanan smpai pinggul rasanya ngilu... Apa yg harus sy lakukan slain sennam it trimksih

heroe oenyil mengatakan...

Kalo bayo masih 3bulanan,.,miring ksebelah kiri perut,sehingga menyebabkan ibunya kesakitan,.,cara yg pas utk sprti itu bagaimana?