Menambah nilai plus pada diri sendiri, berusaha menjadi lebih sempurna!


Semua makhluk Alloh  memang memiliki kekurangan, tapi hal itu tentu bukan tidak mungkin diatasi. Setidaknya berusaha menjadi lebih baik, berikut ini cara bermanfaat yang bisa dicoba untuk menambah nilai plus bagi diri Anda.

·        Percaya diri dan yakin. Kalau kita mengambil tindakan yang tidak sesuai dengan sifat kita, kita akan gelisah. Padahal kegelisahan bisa menjadi gara-gara kegagalan. Jika kemudian kita gagal, motivasi dan rasa percaya diri pun merosot. Sebaiknya jangan melakukan sesuatu yang jelas-jelas berlawanan dengan hati nurani.
·        Hindari wajah muram. Wajah yang berseri-seri jelas lebih menarik daripada wajah yang memble. Namun ini tidak berarti kita harus pasang senyum sepanjang waktu dan terus-menerus mengajak orang bercanda.
·        Ambil tindakan tegas. Berlatihlah pada soal-soal kecil dulu. Misalnya, kita membeli makanan kaleng yang ternyata rusak. Maka kita kembalikan barang itu. Dengan cara ini kita melatih kepercayaan diri, sehingga berani mengambil tindakan pula pada saat menghadapi masalah besar.
·        Harus berani mengekspresikan pendapat sendiri. Dengan demikian baik pendukung maupun penentang akan ingat kepada kita.
·        Ingat selalu pada orang lain. Ini cara yang paling efektif untuk membuat orang lain juga menaruh perhatian kepada kita.
·        Spontanitas itu amat penting. Bila kita biasa serta teratur dan terkendali, berusahalah sekali-sekali impulsif.
·        Mantapkan diri pada bakat sendiri. Lihat bidang pekerjaan apa yang paling kita kuasai dan sukai. Jangan ragu-ragu mencoba sesuatu yang baru dan menguji kemampuan diri.
·        Inisiatif! Biasakan diri menjadi pelaksana. Segera lakukan perubahan yang mungkin selama ini terus tertunda. Usahakan mencari penyebab (bukan sekadar alasan) kemalasan Anda.
Memang langkah tersebut tidak mungkin dapat mengubah kepribadian dalam semalam, tetapi jika benar-benar diterapkan, kemungkinan besar karisma di dalam diri Anda akan semakin berkembang.

0 Komentar di "Menambah nilai plus pada diri sendiri, berusaha menjadi lebih sempurna!"