Dampak mengkonsumsi kopi pada masa kehamilan


Apakah minum kopi berbahaya bagi janin dalam kehamilan ?
Salah satu mitos mengatakan minum kopi selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran, tetapi ini belum terbukti. Tapi ada rekomendasi untuk wanita hamil harus membatasi asupan kopi karena dapat mempengaruhi perkembangan janin.


Penelitian menunjukkan ada risiko yang muncul jika Anda mengkonsumsi kafein selama kehamilan. Wanita hamil yang mengkonsumsi lebih dari 8 cangkir kopi sehari memiliki risiko bayi lahir dalam keadaan meninggal dua kali lebih tinggi.
Seperti dikutip dari pusat bayi, sedangkan wanita hamil yang mengkonsumsi tiga cangkir kopi sehari berpotensi melahirkan anak laki-laki dengan kondisi satu testis tidak turun ke dalam skrotum.
Tapi jika bayi perempuan, ini dapat menyebabkan bayi bernapas dan jantung berdetak lebih cepat dalam beberapa hari pertama kehidupan. Sehingga memaksa banyak orangtua dan staf medis waspada terhadap kesehatan.
Kondisi yang membahayakan janin karena kafein menyebabkan pembuluh darah mengerut, mengurangi aliran darah ke plasenta. Konsumsi kafein oleh wanita hamil juga akan mudah melewati plasenta dan bayi untuk mencerna sangat lambat, sehingga kafein secara langsung dapat mempengaruhi perkembangan sel-sel bayi.
Kafein memiliki sifat sebagai peningkatan simultan dalam denyut jantung, tekanan darah meningkat sedikit, membuat wanita hamil merasa cemas dan insomnia serta merangsang sekresi asam lambung. Kondisi ini akan mempengaruhi janin.
Faktor lain adalah bahwa kopi mengandung senyawa fenol yang dapat mempersulit tubuh untuk menyerap zat besi, pasti bisa membuat keadaan menjadi lebih buruk karena pada dasarnya banyak ibu hamil yang sudah memiliki kadar besi rendah. Jadi adalah mungkin bahwa bayi yang lahir akan memiliki risiko anemia.
Karena perempuan yang sedang hamil harus membatasi konsumsi kopi selama kehamilan adalah maksimal dua cangkir per hari atau tidak lebih dari 200 mg hari setiap kafein.
Bahkan lebih baik jika Anda mengubah kebiasaan minum kopi untuk minum lebih banyak air atau jus buah.

0 Komentar di "Dampak mengkonsumsi kopi pada masa kehamilan"