Bagaimana cara mengatasi komedo

Bagi kaum perempuan yang sangat memperhatikan kebersihan muka, mereka akan merasa sangat terganggu dengan adanya komedo di permukaan wajah. Kulit bersih akan terlihat kotor ketika ada komedo, sebenarnya apa komedo itu? Komedo adalah kotoran penyumbat poripori, biasanya berwarna hitam atau bisa juga putih, warna itulah yang menyebabkan penampilan menjadi kurang sempurna. Apa penyebab adanya komedo? Komedo muncul karena tumpukan minyak berlebih dan sel kulit mati, ketika kita membersihkan wajah sering komedo terabaikan sehingga semakin lama akan semakin menutup poripori dan kulit wajah juga akan mengalami kesulitan dalam bernafas.

Dimana saja Komedo biasa muncul pada: dahi, hidung, dagu, pipi, dibawah mata.
Jenis komedo dibagi menjadi 2:
  1. Komedo terbuka: tampak seperti poripori membesardan menghitam, warna kehitaman karena teroksidasi oleh udara
  2. Komedo tertutup: ada dibalik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, terlihat seperti benjolan kecil – kecil di bawah kulit
Jika muncul komedo, menghilangkannya jangan dipencet, karena tindakan itu akan merangsang munculnya jerawat bernanah, berbahaya bahkan bisa menimbulkan infeksi pada wajah.
Berikut cara mengatasi Komedo:
Kenali jenis produk: komedo muncul pada jenis kulit berminyak, dengan mengetahui jenis kulit kita bisa memilih produk pembersih wajah yang sesuai jenis kulit kita.
  • Pilih pelembab yang cocok: kulit normal dan berminyak hindari pelembab yang mengandung oil, pilih yang oil free
  • Hindari produk yang menimbulkan komedo: contoh produk, susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, sampoo berbahan ginseng, dan conditioner. Bedak padat mengandung bahan/ zat comedogenic paling tinggi, penggunaan dalam jangka waktu yang lama selain menyebabkan komedo juga menyebabkan timbunya jerawat.
  • Terapkan gaya hidup sehat: makan makanan yang bergizi, istirahat cukup, hindari stress, ketika kondisi tubuh menurun kuman – kuman mudah masuk.
  • Facial: penggunaan facial adalah pilihan paling tepat untuk menghilangkan komedo, lakukan facial secara berkala dan setelah masa haid, hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar sebasia selama masa haid yang memproduksi minyak berlebihan.
Selamat mencoba...

0 Komentar di "Bagaimana cara mengatasi komedo"